Thursday 14 February 2013

Turkey Trip: Çanakkale & Truva

Cerita sebelumnya: akhirnya si majang beli tiket ke Troy jugaaaaa!!! hauhauhau:D:D

19 Maret 2012

Jam dinding di ruang tunggu menunjukkan pukul setengah satu dinihari. Belom ada tanda2 kalo bus tujuan Çanakkale tiba. Gw duduk terkantuk2 bersama calon penumpang lain. Celingak-celinguk, ternyata gw satu2nya foreigner di sana. Beberapa kali petugas berteriak memanggil penumpang memberitahukan bus2 mana yang akan segera berangkat. Tentu saja dalam bahasa Turki..dan beberapa kali terdengar suara calon penumpang yg kayaknya komplain atau sekedar bertanya ke petugas. Hmm..gw pun mulai melipir ke tempat keributan, siapa tau dapet info2. Halah, macam ngerti bahasa Turki aje.. Ya, setidaknya kalo gw duduk deket pintu, petugas bisa tau kalo ada anak sapi nyasar di situ:D Sitting around the doorway was actually not my thing, as I could feel the cold breeze from outside. Tapi ya..daripada. Daripada ditinggal. Suasana ruang tunggu bus percis kayak di Indo. Persis. Ada calon penumpang yg bawa2 kardus, ada yg bawa tas besar, ada yg lagi sibuk ama BB, ada yg ngerokok, ada yg sok serius nontonin berita, ada anak2 yg masih hiperaktif tengah malem, ada petugas hilir mudik, ada tukang angkut barang di luar. Cuma beda tampang aje. Ohya, lama perjalanan ke Çanakkale sekitar 6 jam dan nanti gw akan menyeberang ke Turki bagian Asia!
Bus gw akhirnya bertolak dari Otogar jam 1 lewat dikit. Gw pikir bus di sini akan sama aja kayak di Indonesia. Ternyata enggak. Ini gw bikin resumenya:
  • Begitu bus berangkat, kondektur bus mulai mendatangi penumpang satu-persatu menanyai tujuan akhir penumpang, kemudian dicatat. Setiba di Çanakkale, perusahaan akan menyediakan sejenis minivan untuk mengantarkan penumpang ke tujuan yg lebih dekat lagi.
  • Kondekturnya kaga bisa bahasa Inggris, dan gw ga bisa bahasa Turki. Apa yg terjadi ketika kondektur tiba di kursi gw, udah bisa ditebak. Sama2 cengok! Hahaha:D Untung aja yg duduk di sebelah gw bisa bahasa Inggris, otomatis doi jadi translator gw selama perjalanan.
  • Kerjaan kondektur gak berhenti sampai disitu. Selesai menanyai penumpang, dia kemudian mendorong kereta yg berisi snack dan botol2 minuman. Gw pikir makanan sini berbayar kayak di kereta2nya PT. KAI atau kereta2 di UK sono. Ternyata engga, cuy! Gratis segratisnya.
  • Gerbang tolnya ada yg pake sensor, ada pula yg kayak di Indonesia (bayar tol di petugas). Gw takjub aja pas si bus ngelewatin gerbang tol bersensor. Cuma ngeloyor aja trus abis itu ada bunyi 'piip'. Heuheu..canggih! Ndeso saya:D
  • Di tengah perjalanan, bus juga berhenti di suatu restoran. Bagi yg pengen pipis, solat, atau makan, bisa turun sebentar di sini. Ini baru mirip ama di Indonesia:D

It was really hard to stay awake during the journey, and the next thing I know was, I woke up to a stunningly beautiful yellowish morning sky. Gw baru kali itu liat langit pagi berwarna kuning. Seriusan. All yellow! Gw pikir kalo foto2 dengan langit kuning gitu mungkin hasil editan software atau filter, atau malah cuma sunset doang yg punya langit sekuning ini. Ah, emang masih banyak yg belom gw liat di dunia ini.. (Maapkan kalo gambar di atas sebenernya masih kurang bisa menunjukkan warna kuning yg gw liat aslinya.)

Perjalanan menyeberangi selat ternyata sebentar, dan setelah bus keluar dari mulut kapal, penumpang2 mulai turun. Nah, loh! Kok pada turun? Ternyata emang perjalanan bus berakhir di sini. Hoo.. baiklah. Gw pun mengikuti arus orang2 keluar dari pelabuhan. Untuk mencapai Troia Archeological Site gw harus nyambung angkutan lagi; dolmuş (sejenis angkutan desa) atau taksi, ke desa terdekat Tevfikiye. Jaraknya sih lumayan juga, 31 km ke selatan. Dan, karena si majang termasuk tipe turis kere (jangan tanya deh duit di dompetnya ada berapa), maka pilihan jatuh pada dolmuş. Prinsipnya, naik taksi itu kalo udah kepepet. Nah, masalahnya adalah, si majang ga tau dimana terminalnya dolmuş! wakwaww.. Menurut website sih, gw harus jalan ke jembatan sungai Sari (Sari? nama gw dong!:D *norak*). Tapi di sebelah mananya jembatan, gw ga tau. Hemm...jadi ya, entah akibat kedodolan gw atau gimana, gw ngabisin 2 jam cuma buat nemuin tempat mangkalnya dolmuş. Heu.. Berikut gw gambarin petualangan si majang mencari terminal dolmuş.
Dari atas jembatan sungai Sari
  1. Orang2 yg gw ikutin dari pelabuhan pada berhenti di sini, di depan kantor agen bus. Ga tau ada apaan, gw cuma ikut2an aja berhenti. Haha. Ternyata mereka nungguin minivan yg disediain bus company. Gw tanya ke sopir minivan gimana caranya kalo mau ke Tevfikiye. Mungkin karena si sopir ga ngerti bahasa Inggris, begitu juga penumpang laen dan petugas2 di kantor agen bus, jadi dikiranya gw nanya apa minivan ini pergi ke Tevfikiye. Yaa sempat terjadi kehebohan kecil antara si sopir dan petugas, akhirnya mereka nyuruh gw ikutan naik minivan. "Udah deh, sini kamu ikut kita aja!", kira2 begitu ujar petugas. Hihi, gw pun duduk di kursi depan bersama pak sopir dan si kondektur bus.
  2. Gw diturunin di kaki jembatan sungai. Kata sopir dan mas-mas kondektur, Tevfikiye belok kanan, sambil mengarahkan telunjuk mereka ke kanan. Makasih ya, udah dikasih tumpangan gratis!^^ Di sekitar jembatan gw ga ngeliat ada tempat menyerupai terminal bus kecuali pertokoan. Di kolong jembatan sih ada banyak mobil parkir, tapi waktu itu gw pikir itu daerah tempat para homeless tinggal dan mobil2 bekas tak terpakai. Dan karena masih pagi banget, gw cuma liat 1-2 orang berjalan di sekitar jembatan.
  3. Jadi gw jalan aja ke arah yg ditunjukkan. Berdasarkan insting dan logika, menurut gw, selama gw ada di jalan yg benar, toh gw pasti akan berpapasan juga sama si dolmuş ini. Sambil jalan santai gw ambil foto dari atas jembatan. kekekek..
  4. Halte bus pertama yg gw temuin. Di halte itu ga ada tanda2 kalo bus tujuan Tevfikiye berhenti di situ. Alhasil, lanjut jalan lagi.
  5. Setelah jalan hampir 1 km dari jembatan, gw ketemu halte yg bentuknya lebih meyakinkan dari yg sebelumnya. Di sini ada tempat duduk, papan penunjuk kapan bus berikut tiba, dan yg paling penting, ada orang yg lagi nunggu bus! Bertanyalah gw, dan kata si bapake gw harus balik ke arah gw datang, nanti ada minivan bertuliskan Tevfikiye atau Truva (Troy dalam bahasa Turki).
  6. Gw balik arah, tapi di sepanjang jalan gw tetep ga nemu juga minivan yg ke Truva/Tevfikiye. Padahal, menurut website acuan gw, frekuensi dolmuş beroperasi lebih banyak di pagi hari ketimbang siang hari. Kembali ke bus stop yg pertama, kali ini udah ada beberapa orang nungguin bus, gw nanya lagi. Kata seorang ibu2 gw harus ke otogar. Gw ga tau Otogar dimana, tapi gw berasumsi kalo bus2 yg lewat di depan gw pasti bermula dari Otogar.
  7. Menuju tempat yg diduga sebagai Otogar, ternyata gw kembali ke pelabuhan! Aaaaaakkkk...ini apaaa?!?? Jam sudah menunjukkan hampir jam 8, sisa waktu yg gw punya tinggal 4 jam setengah. Pelan2 gw perhatiin setiap bus yg lewat. Tetep ga ada tulisan Truva ataupun Tevfikiye. Akhirnya gw tanya ke mba2 yg lagi nungguin bus. Si mba ga bisa bahasa Inggris dan ga tau dimana terminalnya dolmuş, tapi dengan sabar berusaha bantuin gw. Dia cari orang2 yg kira2 bisa bahasa Inggris. Nihil. 2 orang murid SMA pun ikut bergabung dengan kami. Komunikasi tetep pake bahasa isyarat. Di tengah kebingungan dan rasa2 mulai panik, gw baru inget punya temen orang Turki! Oh, Lord! Kenapa bego dipelihara, kan dia bisa ngartiin semua pembicaraan. Ga usah pake pusing dari awal! Langsunglah gw telpon si Utku. trrrttt..trrtttt (ceritanya nada panggil), diangkat! Tapi yg ada suara berisik kayak hp kepencet. Sial. Telpon lagi. Kali kedua ga diangkat. AH, SI KAMPREEEETTTTTT!!!! Kenapa giliran gw butuh, anak ini selalu susah dihubungi?!!? Rasanya minta dicabik-cabik. Gedeg sama si Utku, si mba ga bisa berlama2, begitu juga para murid, akhirnya datanglah mba2 yg bisa sedikit bahasa Inggris. Gw disuruh jalan 500 m lurus, terus belok kanan kira2 600 m. "It is UNDER the bridge". UNDER, MAJANG, UNDER! That's the keyword!! Itu tempat yg lo kira tempat mobil2 bekas..
  8. Dengan semangat empat lima yg membabi buta karena waktu udah mepet, gw jalannya kelewatan. Baru nyadar setelah ngelewati beberapa blok pertokoan. Tsk tsk tsk:p
  9. 8.20 pagi akhirnya gw sampe ke tempat yg awalnya gw pikir tempat mobil2 bekas. Dan ada plang bertuliskan Truva/Tevfikiye di situ. Ohhhhh..semua puja dan puji Tuhan gw sebut deh!>.< Majang geblek, 2 jam untuk kembali ke tempat yg sama!
  10. Memikirkan fakta bahwa gw masih punya 60 km perjalanan dan harus kembali lagi ke pelabuhan jam 12.30 siang, gw iseng ke tempat taksi2 mangkal. Biaya 60 TL untuk Çanakkale - Truva pp, plus ditungguin sama si sopir taksi selama 2 jam. Karena duit di dompet ga cukup, dan orang2 yg gw tanyain jg ga ngerti ATM itu apa, jadi gw memutuskan tetap naik dolmuş dengan resiko ga bisa liat Troy.
jadwal keberangkatan
Jam 9.30 gw berangkat, dan ternyata menurut jadwal itu adalah dolmuş pertama yg bertolak dari Çanakkale. Heu..tau gini mah gw pesen bus balik ke İstanbul-nya agak sorean.. Gw pun duduk sambil komat-kamit berdoa sepenuh hati supaya perjalanan ke Truva bisa cepet. Ga tau ya kenapa gw ngebet banget liat Troy sampe bela2in nyasar2 begini. Setelah nonton Troy di Indosiar dulu, dan setelah tau bahwa Troy itu ada di Turki, gw bertekad suatu hari kalo gw jadi ke Turki, gw harus liat Troy. Eaaa..mimpi yg menyusahkan:D Tapi gpp, dipikir2 seru dan lucu juga.
  • Rute dolmuş kayaknya ditentukan sepihak sama sopirnya. Yg jelas, rute datang dan pergi gw kemarin berbeda. Misalkan, dalam perjalanan dari Çanakkale ke Truva, pak sopir beberapa kali berhenti. Satu, nganterin penumpang2 ke tujuan terdekat, seperti: pintu rumah. Dua, ke tempat jualan pasir buat nukerin duit. Tiga, berhenti juga di rumahnya buat mindahin jirigen aer.
  • Rata2 penumpang akan mengucapkan salam, "Assalamu'alaikum" begitu akan menaiki dolmuş. Lalu dijawap oleh supir dan sebagian penumpang. kekekeke..Pemandangan lucu:D
  • Melihat pemandangan Laut Aegean (Mediterranean Sea) dari atas bukit selama perjalanan. Cantik!
  • Ongkos naik dolmuş sampai ke Truva 5 TL (sekitar Rp 25rb) sekali jalan.
troiaaa
Kira2 jam 10 gw tiba di Troia Archeological Site. Gw menargetkan cuma 1 jam disana. Biar kalo nyasar lagi gw masih punya banyak waktu dan ga ketinggalan bus balik ke İstanbul. Alhasil, gw di Troy kayak lagi ikutan serial TV Amazing Race atau Running Man. Niat buat bersantai2 buat memahami ceritanya Troy, pupus sudah.Yang ada, gw berjalan setengah berlari tiap kali nemu spot bersejarah, langsung foto tempatnya dan sekaligus penjelasannya. Ngertinya belakangan. Huahhh..

Dari wikipedia:
Troy (Ancient GreekἼλιον, Ilion, dan Τροία, Troia; Latin: Trōia dan Īlium;[1] Hittite: Wilusa atau Truwisa;[2][3] Turkish: Truva) adalah kota legendaris yg berkaitan dengan Perang Trojan yg disebutkan dalam kisah2 epik bangsa Yunani, yg secara khusus jg disebutkan dalam puisi kepahlawanan Homer, seorang seniman Yunani. Saat ini, reruntuhan kota tua ini masih terus digali.
Setelah mengucapkan terimakasih sama staf penjaga loket karena udah nemenin gw nunggu dolmuş, jam 11 gw berangkat ke Çanakkale lagi. Kali ini dengan rute berbeda. Gw ambil tempat duduk paling belakang biar bisa menikmati perjalanan dolmuş ngelewatin rumah2 di desa Tevfikiye dan mengamati warga lokal. Sungguh, gw ga ngerasa lagi di luar negeri..

Setiba di Çanakkale, gw pun santai liat2 kota, nyari makan siang, foto2, dsb. Di kedai kebab, si penjual bertanya ke gw, "are you travelling alone?". "Yes", jawab gw singkat. "Oh, it's dangerous.", sahutnya sambil menggelengkan kepala. Gw jawab dalem hati, Well, sir, I guess what I've been through today was quite a story..I nearly couldn't find my way and fortunately I'm safe now. Fortunately..

Tepat jam 1 siang gw menaiki bus yg akan membawa gw kembali ke İstanbul. Nanti, sesampainya di sana, gw akan lanjut naik bus lagi ke Efesus. Sebenernya dari Truva ke Efesus tinggal setengah jalan. Memang, kalo dipikir2 rute gw payah bener. Bolak-balik İstanbul, padahal İstanbul-Truva-Efesus-İstanbul bisa membentuk satu loop. Yeah, mengutip iklan diesel, "Smart has the plans... but stupid has the stories". Kalo gw lempeng2 aja, mungkin gw ga ada cerita2 seru:D

--to be continued--

1. Terbaik...ulasannya !Keep writing ! Keep sharing!

2. Terbaik...ulasannya !Keep writing ! Keep sharing!