Monday 29 November 2010

menggali keislaman

Ealahhh..Judulnya serius abis!! kkkkkk

Eh beneran kali ini tulisannya rada serius. Saya sebenernya sedikit tergelitik ngebahas ini sejak tinggal di negeri antah berantah ini, lalu mencoba bikin konsep di kepala. Eeh abis itu malah lupa, baru setelah seorang kawan ngasi link ini, coba ditulis aja.

Awalnya sejak dapet berita tentang seorang kenalan sejak kecil --jika tak mau disebut kawan, karena sebetulnya ga pernah main bareng-- yg akan menikah namun ternyata belakangan diketahui udah hamil tua. Kebetulan doi udah tinggal disini lebih dulu dari saya, setelah lulus S1 langsung cabut. Dengan sedikit drama yg saya dengar dari ibu saya, ahirnya saya menarik kesimpulan sendiri: bahwa mungkin dia sudah termakan gaya hidup sini. Ya, bilang saja saya katro, ndeso, muna, whatever, kok ya gituan heboh bener. Bagi saya, salah ya salah. Ga sesuai dgn ajaran agama dan adat. Titik. Padahal dulu kita pernah pergi ikutan pesantren kilat bareng loh.. Yeah, people change..

So, saya jadi menilik kehidupan beragama anak indo di sini. Dari pengalaman kalo jalan sama anak indo yg seumuran, rata2 solatnya ga jelas. Ga tau deh muslim apa kaga. Ga tau deh kalo udah dijamak apa engga. Ga peduli jg buat nanya. Trus kalo makan ya bebas2 aja ga ngeliat ini bener halal apa engga. Soal alkohol, tau-sama-tau aja lah ya. Iya, emang kita tinggal di negara non-muslim. Negara 4 musim pula. Dan kita minoritas di sini. Akses utk dapet musola/daging halal ga segampang di indo. Tapi itu ga membuat semuanya jadi dilanggar, kan??

Waktu awal2 tinggal di Oxford, saya juga sempat berpikir sampe sejauh mana sih batas yg boleh saya langgar..Musola ga ada di sekolah, makanan halal masih belom tau tempatnya di mana. Jadinya waktu itu solat dijamak, trus kalo winter buru2 pulang karena pendeknya siang. Pernah nanya ke temen/sodara yg agamanya saya anggap lebih taat:p, katanya sih gpp, yg penting solat. Trus kalo makan, sekali seminggu saya makan bebas di restoran. maksutnya yg ga jelas halalnya. Waktu itu sih saya berasumsi kalo saya butuh temen buat survive. Untuk punya temen, saya pilih makan bersama dibanding pergi ke bar tiap malem. Tapi kemudian, housemate saya yg warga Saudi, komentar, "emang makan disitu halal?", "emang solat boleh dijamak? Kan kita udah tinggal di sini.." Well, pertanyaan2 tadi yg bikin saya 'ngeh' buat cari tau..

Kembali ke cerita kenalan saya tadi, ibu saya sempat jalan2 sama ibu kenalan saya. Kebetulan, pertemanan antar ibu2 ini lebih erat dibanding antar anak2nya. Ibu cerita, jalan ama mereka ga solat padahal muslim loh. Padahal kalo di kantor mereka ikut solat.. Saya jadi mikir lg, jadi sebenernya solat cuma karena ikut2an? Karena orang solat maka saya solat. Maka ketika di sini yg mayoritas orang tak solat, maka saya tak solat. Begitu?

Justru, menurut saya, di posisi seperti ini lah saya merasa identitas keagamaan saya diuji: bahwasanya saya adalah seorang muslim. Maka dari itu saya coba jalankan saja dgn baik sesuai kemampuan (yg masi tahap belajar). Mudah2an di umur segini beribadah bukan karena ikut2an tp karena kesadaran. Hehe. Ngemeng2, weekend kmrn grocery shopping ama satu anak indo, eehh doi ngajakin ngebir. Nyari bir yg rada halal-an. Jaahhh...maksut loo??

Jadi, saya tau saya muslim, dan teman2 saya non-muslim, dan saya tau mereka ga solat, maka saya harus berani bilang kalo saya mau solat. toh ijin permisi sebentar buat solat bagi orang lokal/asing ga masalah kok, kan katanya mereka menghargai perbedaan.. dan penganut agama lain jg masi bisa beribadah, knp saya ga bisa? untuk makanan, masih bisa makan ikan, udang atau seafood lainnya. orang lokal aja bisa jd vegetarian, knp saya ga bisa? alhamdulillah sih, halal butchery di kota saya masih ada, jd tetep bisa makan ayam, daging, dkk.:D plus, temen2 cukup baik, mereka tau muslim ga makan babi, maka ketika ada daging babi mereka udah wanti2 saya duluan. tampaknya tak ada masalah kan? hehe.

lalu, dalil darimana itu yg memperbolehkan kita di sini bisa makan sebebasnya, solatnya ditinggal2, sama minum alkohol? Huh. Memang, katanya islam memudahkan. Ah, soal ini ga berani komentar lebih banyak, ga punya ilmu yg cukup. Hehe.

Wedeww..panjang jg nulis ginian. Dan ini bukan berarti saya orang yg sangat taat lho. Justru masi banyak yg harus dipelajari dan sekali lagi cuma mencoba menjalankan agama dgn baik. Just my 2 cents a.k.a ngeluarin uneg2..

1 comment: